Sabtu, 23 Januari 2016

MC PROSESI WISUDA (UNISMA)

Panduan Prosesi
RAPAT TERBUKA
SENAT UNIVERSITAS ISLAM MALANG
DALAM RANGKA WISUDA PROGRAM DIPLOMA, SARJANA, PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI DAN PASCASARJANA
PERIODE 52 TAHUN 2014

Sabtu, 18 Oktober 2014









MASTER OF CEREMONY (MC)
Sie ACARA dan PROTOKOLER
Oktober 2014





PENGUMUMAN:
1. Selamat pagi dan selamat datang, kami ucapkan kepada seluruh orang tua wali wisudawan, di kampus Universitas Islam Malang, dalam acara WISUDA PROGRAM DIPLOMA, SARJANA, PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI DAN PASCASARJANA PERIODE 52 TAHUN 2014.
2. Dan Kami informasikan kepada seluruh wali wisudawan, demi tertibnya acara, mohon bagi wali wisudawan/wisudawati memperhatikan hal-hal sbagai berikut :
· Hadirin di mohon untuk menonaktifkan alat komunikasi berupa HP dan sejenisnya sehingga tidak mengganggu kekhidmatan Acara Wisuda.
· Hadirin di mohon untuk tidak Merokok di tempat upacara.
· Bagi Wali wisudawan yang terpaksa membawa anak kecil, Kami mohon untuk di kendalikan agar tidak mengganggu jalannya prosesi wisuda pada pagi hari ini.
· Dan kami mohon untuk tidak membawa mainan anak-anak yang bisa mengganggu Kekhidmatan wisuda seperti balon udara, mainan bunyi2-bunyian dan sejenisnya.
· Selanjutnya kami mohon kepada seluruh wisudawan dan orang tua wali tidak diperkenankan meninggalkan lokasi wisuda selama acara berlangsung.
· Dan perlu kami informasikan kepada bapak/ibu orang tua wali wisudawan, bahwa sebagai dokumentasi kegiatan wisuda, setiap peserta wisuda, nantinya akan mendapatkan 2 lembar foto, yaitu foto pengukuhan bersama Rektor Unversitas Islam Malang, dan foto penerimaan sertifikat wisuda bersama dekan masing-masing, Oleh karenanya selain petugas, tidak diperkenankan mengambil gambar di depan panggung kehormatan.
· Demikian atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Paduan Suara Memasuki Tempat Upacara:

Bapak/ibu Hadirin yang berbahagia, inilah putra-putri terbaik kampus Universitas Islam Malang, yang tergabung dalam Paduan Suara Mahasiswa Bunga Almamater, Berikan Applause yang meriah untuk paduan suara mahasiswa bunga Almamater Universitas Islam Malang.

(Bersama) ASSALAMUALAIKUM. Wr. Wb.

(A) Alhamdulillahirobbil Alamiin, Wassholatu wassalamu ala Asyrofil Ambiya’I wal Mursalin Sayyidina Muhammadin wa Ala Alihi was Shohbihi ajma’in,
Amma Ba’du.

(B) Kemudian MC Berseru: Rapat Terbuka, Senat Universitas Islam Malang, Dalam Rangka Wisuda Program Diploma, Sarjana, Program Pendidikan Profesi dan Pascasarjana, Periode 52, Tahun 2014, Segera Dimulai.

(A) Di depan Pintu Masuk Pedel Memukul tongkat 1x diikuti MC berseru: Wisudawan Universitas Islam Malang Memasuki Tempat Upacara. Wisudawan memasuki tempat upacara di antar oleh 2 petugas prosesi dan pendamping yang telah ditentukan, diiringi oleh paduan suara dengan alunan sholawat badar dan thola’al badru, dll.

(B) Setelah kira-kira separuh jumlah wisudawan memasuki tempat upacara, pedel dan petugas prosesi keluar, selanjutnya pedel menjemput senat Universitas Islam Malang di depan pintu masuk tempat acara pedel memukul tongkat 1x dan MC berseru: Rektor, Senat Universitas Islam Malang, Beserta Guru Besar Memasuki Tempat Upacara, Hadirin Dimohon Berdiri. Masuknya Senat Universitas diiringi oleh alunan sholawat badr oleh tim paduan suara, Kemudian Rektor dan senat Universitas mengambil tempat di panggung kehormatan dalam posisi tetap berdiri di depan kursi yang telah ditentukan.

(B)  Pedel memukul tongkat 1 x di ikuti MC berseru: Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Diikuti Oleh Semua Hadirin. Diperdengarkan oleh tim paduan suara. Lalu MC berseru: Mengheningkan Cipta Dipimpin Oleh Rektor. (Tanpa Musik), Kemudian MC Berseru: Hymne Unisma Oleh (tim Paduan Suara). Lalu MC Berseru: Hadirin Disilahkan Duduk.

(A)  Pedel memukul Tongkat 1 x diikuti MC Berseru: Pembukaan Rapat Terbuka, Senat Universitas Islam Malang Oleh Rektor. Dengan Posisi Duduk Rektor Membuka Rapat dilanjutkan dengan memukul tongkat 1 x hadirin menyambut dengan tepuk tangan.

(A) Pedel Memukul tongkat 1 x MC Berseru : Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an.

(A) Pedel memukul Tongkat 1 x MC berseru: Pidato Rektor. Petugas Siap dengan membawa naskah Pidato.

 (B)  Pedel Memukul Tongkat 1 x Diikuti MC Berseru: Pembacaan Surat Keputusan Rektor. Petugas Siap Dengan Membawa Naskah Laporan.

(A)  Pedel Memukul Tongkat 1 x Diikuti MC berseru: Pelantikan Wisudawan dan Wisudawati oleh Rektor, Di Mulai dr Program Pascasarjana. 

(B)   Pedel memukul Tongkat 1 x Diikuti MC Berseru: Janji Wisudawan, Wisudawan Dimohon Berdiri. Petugas yang ditunjuk maju kedepan ke tempat yang telah di Sediakan (Menghadap ke Rektor) Kemudian Membaca Diikuti oleh seluruh Wisudawan. Selesai Janji Wisudawan MC Berseru: Wisudawan Dipersilahkan Duduk.

(A)   Pedel Memukul Tongkat 1 x MC Berseru: Lagu Persembahan, Yth. Senat dan Guru Besar dimohon Berdiri. Paduan Suara Berdiri, Kemudian menyanyikan lagu hymne maha Guru. Setelah Selesai, MC Berseru: Senat dan Guru Besar Dipersilahkan Duduk Kembali.

(B) Pedel Memukul tongkat 1 x MC berseru : Sambutan Koordinator Kopertis Wilayah 7.

(B)  Pedel memukul tongkat 1 x MC berseru: Sambutan Direktur Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Kementrian Agama Republik Indonesia.

(A)  Pedel memukul Tongkat 1 x MC Berseru: Sambutan Ketua Umum Yayasan Universitas Islam Malang.

(A)  Pedel Memukul Tongkat 1 x MC berseru: Sambutan Pengurus Pusat Lembaga Pendidkan Ma’arif.

(B)   Pedel Memukul Tongkat 1 x Diikuti MC berseru: Penyerahan Penghargaan. Kemudian MC berseru: Kami Panggil 3 Penerima Penghargaan Atas Prestasi Dosen: 
   1. Dr. Ir. H. Sugiarto, MP. (dari Fakultas Pertanian)
2. Dr. Ir. Hj. Anis Rosyidah, MP (dari Fakultas Pertanian)
 3. Dr. M. Tabrani, M.Pd (dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Selanjutnya Kami Panggil 9 Lulusan Terbaik Tingkat Universitas Islam Malang:

1.  Purwatiningsih, M.Pd. Lulusan Terbaik Program Pascasarjana
2. Eny Wahyuni, M.Pd. Lulusan Terbaik Program Pascasarjana
3. dr. Trafyar Prakarti Lulusan Terbaik Program Pendidikan Profesi Dokter
4. Kristi Damayanti, S.E. Lulusan Terbaik Pertama Program Sarjana Strata-1
5. Durrotun Nasihah, S.Pd. Lulusan Terbaik Pertama Program Sarjana Strata-1
6. Machsunatul Faizah, S.Pd. Lulusan Terbaik Kedua Program Sarjana Strata-1
7. Afifah Maliatul Khuzaimah, S.Pd. Lulusan Terbaik Ketiga Program Sarjana Strata-1
8. Awim Iftiy Anfa, S.Pd. Lulusan Terbaik Ketiga Program Sarjana Strata-1
9. Ervan Erianto, A.Md. Lulusan Terbaik Program Pendidikan Diploma III

Setelah Semua Maju MC Berseru: Rektor Universitas Islam Malang, dan Pimpinan BNI, BRI dan BCA Malang Dimohon Berkenan Menyerahkan Cinderamata.

(A) Pedel Memukul tongkat 1 x Diikuti MC Berseru: Pembacaan Do’a, Hadirin Dimohon Berdiri.
Selesai Do’a MC Berseru: Hadirin Dipersilahkan Duduk.

(A) Pedel Memukul tongkat 1 x  diikuti MC Berseru: Lagu Syukur.

(B) Pedel Memukul tongkat 1x diikuti MC Berseru: Rapat Terbuka, Senat Universitas Islam Malang Ditutup oleh Rektor. Dengan Duduk Rektor Menutup Rapat Terbuka diikuti dengan Memukul Palu 3 x (Hadirin Menyambut Dengan Tepuk Tangan)

(B)  Pedel Memukul Tongkat 1 x diikuti MC Berseru : Rektor, Senat Universitas Islam Malang Beserta Guru Besar Meninggalkan Tempat Upacara, Hadirin Dimohon Berdiri. Saat yang Bersamaan Pedel Turun dari Panggung dan Mengambil posisi di pintu keluar arena Wisuda Menunggu senat Dan guru Besar baris dibelakang . Paduan Suara Mengiringi Dengan Sholawat Nabi.

MC Tetap Di Tempat Untuk beberapa Waktu untuk Mengumumkan Beberapa Hal

(A) MC Menutup Acara Dan Berseru: Mewakili Panitia, Apabila Ada hal yang kurang Berkenan Dihati Bapak/Ibu Sekalian Kami Mohon Maaf Yang Sebesar-besarnya.
Kami Akhiri…

(Bersama) Wallahul Muwafieq ila Aqwamith thorieq
  Tsummas Salamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

2 komentar: