Minggu, 03 Juli 2016

PANDUAN I’TIKAF



oleh 
Drs. KH. Moh. Murtadlo, M. HI


1. Pengertian I’tikaf

       I’tikaf adalah berdiam diri tetap dalam masjid dan berkholwat (menyendiri) di dalamnya dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhkan diri dari maksiat.


2. I’tikaf dan Kholwat

       Adalah Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir Bulan Suci Ramadhan untuk mencari Lailatul Qadar, oleh karenanya, beliau menghentikan kegiatan-kegiatan yang lain. Beliau membuat kemah kecil dari daun korma, di dalamnya beliau berkholwat dari keramaian, mengosongkan  hatinya dari berbagai urusan duniawi, bertakholli (membersihkan diri dan hati dari hal-hal yang kotor) di dalam masjid untuk bermunajat (berbisik dan curhat) kepada Allah SWT, berdzikir dan berdoa. Maka hakikat i’tikaf dan kholwat adalah memutuskan hubungan dengan khalayak ramai untuk mengadakan hubungan langsung dengan jiwa dan raga (dhahiran wa bathinan) kepada Allah SWT.


3. Hukum I’tikaf

       I’tikaf  hukumnya sunnah, mengikuti amaliah Rasulullah SAW dan para shahabatnya. Rasulullah SAW setiap bulan Ramadhan beri’tikaf 10 hari, terutama 10 akhir bulan Ramadhan, pada tahun wafatnya beliau beri’tikaf 20 hari. Demikian juga para shahabat dan istri-istri beliau melakukan i’tikaf di bulan Ramadhan, baik ketika Rasulullah masih hidup maupun setalah wafatnya.


4. Syarat Sah dan Rukun Itikaf  

       Syarat sah I’tikaf meliputi : (1) muslim, (2) mumayyiz, dan (3) suci dari hadats besar (janabah, haidh dan nifas). Sedangkan rukunnya meliputi: (1) niat, dan (2) berdiam diri di dalam masjid.


5. Pembatal  Itikaf  

       Yang membatalkan i’tikaf  meliputi: (1) keluar masjid dengan alasan yang tidak darurat / hajat, (2) bergaul dengan istri, (3) menjadi murtad, (4) hilang akal (gila atau mabuk), dan (5) datang haid atau nifas.


6. Niat Itikaf  
نَوَيْتُ الْإِعْتِكَافَ فِيْ هَذَا الْمَسْجِدِ تَعْظِيْمًا وَتَـقَـرُّبًا إِلَى اللهِ تَعَالَى

Saya niat beri’tikaf di dalam masjid ini demi mengagungkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT”.


7.    Situasi Iktikaf

     Seorang mu'takif hendaknya melepaskan diri dari semua urusan duniawi dan orang lain sehingga dapat berkhalwat (menyendiri, baik secara fisik maupun secara spiritual) dengan Allah SWT. Syekh Ibn Qoyyim al-Jauzi menyatakan orang yang beri'tikaf tetapi masih membawa usrusan duniawi dan urusan dengan orang lain, maka ia tidak memperoleh hikmah dalam iktikafnya.


3.  Amalan dalam Iktikaf

       Iktikaf terpenuhi dengan diam diri tafakkur dalam masjid, akan tetapi lebih baik diisi dengan berbagai macam amalan, antara lain Shalat, baca al-Qur'an, dzikir dan berdoa. Direkomendasikan alternatif amalan :
1)    shalat tasbih, shalat tahajjud, shalat hajat, shalat taubah dan witir
2) membaca al-Qur'an, atau memperbanyak baca surat al-Fatihah, al-Ikhlas, ayat Kursi, al-Kafirun, al-Zilzalah atau surat Yasin.







3)    Berdzikir memperbanyak bacaan
·     لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَ هُوَ حَيٌّ دَائِمٌ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (×  400)
·     سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمِ (× 200)
·     اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ وَ اعْفُ عَنِّي (×   100)
·     اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ   الَّذِيْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ هُوَ الْحَيُّ  الْقَيُّوْمُ  وَ أَتُوْبُ اِلَيْهِ  تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ  لِنَفْسِهِ  ضَرًّ ا  وَ لاَ نَفْعًا وَ لاَ مَوْتًا  وَ لاَ حَيَاةً   وَ لاَ نُشُوْرًا  (×10

4.      Membaca doa :

a.   Untuk keselamatan, keberkahan dan kesuksesan serta kemajuan unisma
b.   Untuk hajat masing-masing
c.   Diakhiri dengan doa :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِكَ تَهْدِي بِهَا قَلْبِي وَتَجْمَعُ بِهَا أَمْرِي وَتَلُمُّ بِهَا شَعَثِي وَتُصْلِحُ بِهَا غَائِبِي وَتَرْفَعُ بِهَا شَاهِدِي وَتُزَكِّي بِهَا عَمَلِي وَتُلْهِمُنِي بِهَا رُشْدِي وَتَرُدُّ بِهَا أُلْفَتِي وَتَعْصِمُنِي بِهَا مِنْ كُلِّ سُوءٍ اللَّهُمَّ أَعْطِنِي إِيمَانًا وَيَقِينًا لَيْسَ بَعْدَهُ كُفْرٌ وَرَحْمَةً أَنَالُ بِهَا شَرَفَ كَرَامَتِكَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْفَوْزَ فِي الْعَطَاءِ وَنُزُلَ الشُّهَدَاءِ وَعَيْشَ السُّعَدَاءِ وَالنَّصْرَ عَلَى الْأَعْدَاءِ - وَ مُرَافَقَةَ الْأَنْبِيَاءِ  بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الْرَاحِمِيْنَ- اللَّهُمَّ إِنِّي أُنْزِلُ بِكَ حَاجَتِي وَإِنْ قَصُرَ رَأْيِي وَضَعُفَ عَمَلِي افْتَقَرْتُ إِلَى رَحْمَتِكَ فَأَسْأَلُكَ يَا قَاضِيَ الْأُمُورِ وَيَا شَافِيَ الصُّدُورِ كَمَا تُجِيرُ بَيْنَ الْبُحُورِ أَنْ تُجِيرَنِي مِنْ عَذَابِ السَّعِيرِ وَمِنْ دَعْوَةِ الثُّبُورِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْقُبُورِ اللَّهُمَّ مَا قَصُرَ عَنْهُ رَأْيِي وَلَمْ تَبْلُغْهُ نِيَّتِي وَلَمْ تَبْلُغْهُ مَسْأَلَتِي مِنْ خَيْرٍ وَعَدْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ خَيْرٍ أَنْتَ مُعْطِيهِ أَحَدًا مِنْ عِبَادِكَ فَإِنِّي أَرْغَبُ إِلَيْكَ فِيهِ وَأَسْأَلُكَهُ بِرَحْمَتِكَ رَبَّ الْعَالَمِينَ اللَّهُمَّ ذَا الْحَبْلِ الشَّدِيدِ وَالْأَمْرِ الرَّشِيدِ أَسْأَلُكَ الْأَمْنَ يَوْمَ الْوَعِيدِ وَالْجَنَّةَ يَوْمَ الْخُلُودِ مَعَ الْمُقَرَّبِينَ الشُّهُودِ الرُّكَّعِ السُّجُودِ الْمُوفِينَ بِالْعُهُودِ إِنَّكَ رَحِيمٌ وَدُودٌ وَأَنْتَ تَفْعَلُ مَا تُرِيدُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا هَادِينَ مُهْتَدِينَ غَيْرَ ضَالِّينَ وَلَا مُضِلِّينَ سِلْمًا لِأَوْلِيَائِكَ وَعَدُوًّا لِأَعْدَائِكَ نُحِبُّ بِحُبِّكَ مَنْ أَحَبَّكَ وَنُعَادِي بِعَدَاوَتِكَ مَنْ خَالَفَكَ اللَّهُمَّ هَذَا الدُّعَاءُ وَعَلَيْكَ الْإِجَابَةُ وَهَذَا الْجُهْدُ وَعَلَيْكَ التُّكْلَانُ اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِي نُورًا فِي قَلْبِي وَنُورًا فِي قَبْرِي وَنُورًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَنُورًا مِنْ خَلْفِي وَنُورًا عَنْ يَمِينِي وَنُورًا عَنْ شِمَالِي وَنُورًا مِنْ فَوْقِي وَنُورًا مِنْ تَحْتِي وَنُورًا فِي سَمْعِي وَنُورًا فِي بَصَرِي وَنُورًا فِي شَعْرِي وَنُورًا فِي بَشَرِي وَنُورًا فِي لَحْمِي وَنُورًا فِي دَمِي وَنُورًا فِي عِظَامِي اللَّهُمَّ أَعْظِمْ لِي نُورًا وَأَعْطِنِي نُورًا وَاجْعَلْ لِي نُورًا سُبْحَانَ الَّذِي تَعَطَّفَ الْعِزَّ وَقَالَ بِهِ سُبْحَانَ الَّذِي لَبِسَ الْمَجْدَ وَتَكَرَّمَ بِهِ سُبْحَانَ الَّذِي لَا يَنْبَغِي التَّسْبِيحُ إِلَّا لَهُ سُبْحَانَ ذِي الْفَضْلِ وَالنِّعَمِ سُبْحَانَ ذِي الْمَجْدِ وَالْكَرَمِ سُبْحَانَ ذِي الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ (رواه الترمذى عن ابن عباس)



dakwahtuna.com

0 komentar:

Posting Komentar