oleh
Drs. KH. Moh. Murtadlo, M. HI
1. Pengertian I’tikaf
I’tikaf adalah berdiam
diri tetap dalam masjid dan berkholwat (menyendiri) di dalamnya dengan niat
mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjauhkan diri dari maksiat.
2.
I’tikaf dan Kholwat
Adalah Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh
hari terakhir Bulan Suci
Ramadhan untuk mencari Lailatul Qadar, oleh karenanya, beliau menghentikan kegiatan-kegiatan yang lain. Beliau membuat kemah
kecil dari daun korma, di dalamnya beliau berkholwat dari keramaian,
mengosongkan hatinya dari berbagai
urusan duniawi, bertakholli (membersihkan diri dan hati dari hal-hal yang
kotor) di dalam masjid untuk bermunajat (berbisik dan curhat) kepada Allah SWT,
berdzikir dan berdoa. Maka hakikat i’tikaf dan kholwat adalah memutuskan
hubungan dengan khalayak ramai untuk mengadakan hubungan langsung dengan jiwa
dan raga (dhahiran wa bathinan) kepada Allah SWT.
3.
Hukum I’tikaf
I’tikaf hukumnya sunnah, mengikuti amaliah Rasulullah
SAW dan para shahabatnya. Rasulullah SAW setiap bulan Ramadhan beri’tikaf 10
hari, terutama 10 akhir bulan Ramadhan, pada tahun wafatnya beliau beri’tikaf
20 hari. Demikian juga para shahabat dan istri-istri beliau melakukan i’tikaf
di bulan Ramadhan, baik ketika Rasulullah masih hidup maupun setalah wafatnya.
4.
Syarat Sah dan Rukun I’tikaf
Syarat sah I’tikaf
meliputi : (1) muslim, (2) mumayyiz, dan (3) suci dari hadats besar (janabah,
haidh dan nifas). Sedangkan rukunnya meliputi: (1) niat, dan (2) berdiam diri
di dalam masjid.
5.
Pembatal I’tikaf
Yang membatalkan
i’tikaf meliputi: (1) keluar masjid
dengan alasan yang tidak darurat / hajat, (2) bergaul dengan istri, (3) menjadi
murtad, (4) hilang akal (gila atau mabuk), dan (5) datang haid atau nifas.
6.
Niat I’tikaf
نَوَيْتُ
الْإِعْتِكَافَ فِيْ هَذَا الْمَسْجِدِ تَعْظِيْمًا وَتَـقَـرُّبًا إِلَى اللهِ
تَعَالَى
“Saya niat beri’tikaf di
dalam masjid ini demi mengagungkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT”.
7.
Situasi Iktikaf
Seorang
mu'takif hendaknya melepaskan diri dari semua urusan duniawi dan orang lain sehingga
dapat berkhalwat (menyendiri, baik secara fisik maupun secara
spiritual) dengan Allah SWT. Syekh Ibn Qoyyim al-Jauzi menyatakan
orang yang beri'tikaf tetapi masih membawa usrusan duniawi dan urusan dengan
orang lain, maka ia tidak memperoleh hikmah dalam iktikafnya.
3. Amalan dalam Iktikaf
Iktikaf terpenuhi dengan diam diri tafakkur
dalam masjid, akan tetapi lebih baik diisi dengan berbagai macam amalan,
antara lain Shalat, baca al-Qur'an, dzikir dan berdoa. Direkomendasikan
alternatif amalan :
1)
shalat tasbih, shalat
tahajjud, shalat hajat, shalat taubah dan witir
2) membaca al-Qur'an, atau memperbanyak baca surat
al-Fatihah, al-Ikhlas, ayat Kursi, al-Kafirun, al-Zilzalah atau surat Yasin.
3)
Berdzikir memperbanyak bacaan
·
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ
الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَ هُوَ حَيٌّ دَائِمٌ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيرٌ (× 400)
·
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ
الْعَظِيمِ (× 200)
·
اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ
الْعَفْوَ وَ اعْفُ عَنِّي (× 100)
·
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
الَّذِيْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ هُوَ الْحَيُّ
الْقَيُّوْمُ وَ أَتُوْبُ اِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ
ضَرًّ ا وَ لاَ نَفْعًا وَ لاَ
مَوْتًا وَ لاَ حَيَاةً وَ لاَ نُشُوْرًا (×10
4. Membaca doa :
a.
Untuk keselamatan, keberkahan dan kesuksesan serta kemajuan unisma
b.
Untuk hajat masing-masing
c.
Diakhiri
dengan doa :
اللَّهُمَّ
إِنِّي أَسْأَلُكَ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِكَ تَهْدِي بِهَا قَلْبِي وَتَجْمَعُ بِهَا أَمْرِي وَتَلُمُّ
بِهَا شَعَثِي وَتُصْلِحُ بِهَا غَائِبِي وَتَرْفَعُ بِهَا شَاهِدِي وَتُزَكِّي
بِهَا عَمَلِي وَتُلْهِمُنِي بِهَا رُشْدِي وَتَرُدُّ بِهَا أُلْفَتِي
وَتَعْصِمُنِي بِهَا مِنْ كُلِّ سُوءٍ اللَّهُمَّ أَعْطِنِي إِيمَانًا وَيَقِينًا
لَيْسَ بَعْدَهُ كُفْرٌ وَرَحْمَةً أَنَالُ بِهَا شَرَفَ كَرَامَتِكَ فِي
الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْفَوْزَ فِي الْعَطَاءِ
وَنُزُلَ الشُّهَدَاءِ وَعَيْشَ السُّعَدَاءِ وَالنَّصْرَ عَلَى الْأَعْدَاءِ - وَ مُرَافَقَةَ الْأَنْبِيَاءِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الْرَاحِمِيْنَ- اللَّهُمَّ إِنِّي أُنْزِلُ بِكَ حَاجَتِي وَإِنْ قَصُرَ
رَأْيِي وَضَعُفَ عَمَلِي افْتَقَرْتُ إِلَى رَحْمَتِكَ فَأَسْأَلُكَ يَا قَاضِيَ
الْأُمُورِ وَيَا شَافِيَ الصُّدُورِ كَمَا تُجِيرُ بَيْنَ الْبُحُورِ أَنْ
تُجِيرَنِي مِنْ عَذَابِ السَّعِيرِ وَمِنْ دَعْوَةِ الثُّبُورِ وَمِنْ فِتْنَةِ
الْقُبُورِ اللَّهُمَّ مَا قَصُرَ عَنْهُ رَأْيِي وَلَمْ تَبْلُغْهُ نِيَّتِي
وَلَمْ تَبْلُغْهُ مَسْأَلَتِي مِنْ خَيْرٍ وَعَدْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ
خَيْرٍ أَنْتَ مُعْطِيهِ أَحَدًا مِنْ عِبَادِكَ فَإِنِّي أَرْغَبُ إِلَيْكَ فِيهِ
وَأَسْأَلُكَهُ بِرَحْمَتِكَ رَبَّ الْعَالَمِينَ اللَّهُمَّ ذَا الْحَبْلِ
الشَّدِيدِ وَالْأَمْرِ الرَّشِيدِ أَسْأَلُكَ الْأَمْنَ يَوْمَ الْوَعِيدِ
وَالْجَنَّةَ يَوْمَ الْخُلُودِ مَعَ الْمُقَرَّبِينَ الشُّهُودِ الرُّكَّعِ
السُّجُودِ الْمُوفِينَ بِالْعُهُودِ إِنَّكَ رَحِيمٌ وَدُودٌ وَأَنْتَ تَفْعَلُ
مَا تُرِيدُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا هَادِينَ مُهْتَدِينَ غَيْرَ ضَالِّينَ وَلَا
مُضِلِّينَ سِلْمًا لِأَوْلِيَائِكَ وَعَدُوًّا لِأَعْدَائِكَ نُحِبُّ بِحُبِّكَ
مَنْ أَحَبَّكَ وَنُعَادِي بِعَدَاوَتِكَ مَنْ خَالَفَكَ اللَّهُمَّ هَذَا
الدُّعَاءُ وَعَلَيْكَ الْإِجَابَةُ وَهَذَا الْجُهْدُ وَعَلَيْكَ التُّكْلَانُ
اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِي نُورًا فِي قَلْبِي وَنُورًا فِي قَبْرِي وَنُورًا مِنْ
بَيْنِ يَدَيَّ وَنُورًا مِنْ خَلْفِي وَنُورًا عَنْ يَمِينِي وَنُورًا عَنْ
شِمَالِي وَنُورًا مِنْ فَوْقِي وَنُورًا مِنْ تَحْتِي وَنُورًا فِي سَمْعِي
وَنُورًا فِي بَصَرِي وَنُورًا فِي شَعْرِي وَنُورًا فِي بَشَرِي وَنُورًا فِي
لَحْمِي وَنُورًا فِي دَمِي وَنُورًا فِي عِظَامِي اللَّهُمَّ أَعْظِمْ لِي نُورًا
وَأَعْطِنِي نُورًا وَاجْعَلْ لِي نُورًا سُبْحَانَ الَّذِي تَعَطَّفَ الْعِزَّ
وَقَالَ بِهِ سُبْحَانَ الَّذِي لَبِسَ الْمَجْدَ وَتَكَرَّمَ بِهِ سُبْحَانَ
الَّذِي لَا يَنْبَغِي التَّسْبِيحُ إِلَّا لَهُ سُبْحَانَ ذِي الْفَضْلِ وَالنِّعَمِ
سُبْحَانَ ذِي الْمَجْدِ وَالْكَرَمِ سُبْحَانَ ذِي الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ (رواه الترمذى عن ابن
عباس)
dakwahtuna.com |
0 komentar:
Posting Komentar